Dunia kedokteran di era ini sedang popular mengembangkan satu terobosan pengobatan baru menggunakan stem cell. Namun mengapa stem cell begitu menarik bagi industri dunia kesehatan sekarang ini? Tidak lain karena fungsi stem cell yang luar biasa. Stem cell dapat mencari daerah-daerah mana dalam organ tubuh kita yang terluka secara otomatis dan memberikan bantuan pengobatan di organ yang rusak tersebut.

Untuk mengetahui tentang stem cell silahkan klik disini

Secara umum ada 5 fungsi stem cell yang diterangkan oleh dr. Benyamin Setiawan

Fungsi stem cell antara lain adalah :

  • Repair
fungsi stem cell repairing

Fungsi stem cell sebagai repair adalah seperti misalnya mobil tua yang sudah rusak, maka mobil itu butuh perawatan atau direpair supaya bisa kembali dalam kondisi baik seperti semula. Sama halnya dengan tubuh kita, jika tubuh kita mengalami kerusakan atau luka, maka jantung dan otak akan mengirimkan sinyal kepada stem cell yang berada di sumsum tulang untuk memperbaiki bagian organ kita yang rusak. Fungsi stem cell ini dapat digunakan untuk jenis-jenis luka yang ringan seperti terkena pisau, keseleo, atau luka ringan lain dimana terdapat jaringan sel kita yang rusak atau robek, kemudian stem cell akan memperbaiki robekannya di sel kita yang luka itu.

  • Replace
fungsi stem cell regeneration
fungsi stem cell regeneration

Fungsi stem cell replace ini akan dijalankan ketika fungsi stem cell untuk repair sudah tidak mempan lagi. Atau dengan kata lain, kalau tidak bisa di repair, maka harus di replace. Fungsi stem cell replace ini artinya adalah menggantikan sel-sel yang hilang saat organ tubuh kita terluka. Misal saja lutut kita terluka karena jatuh, maka struktur sel kulit tersbut tidak lagi normal, ada beberapa bagian yang hilang karena bergesekan keras dengan tanah. Sel-sel yang hilang itu kemudian di replace atau diganti denga sel-sel yang baru.

  • Regenerate

Fungsi stem cell sebagai regenerasi berarti pertumbuhan ulang dari organ yang hilang atau terkena luka dari kelenjar tisu yang masih ada. Orang dewasa, memiliki kemampuan untuk meregenerasi organ yang rusak seperti hati. Jika organ hati tersebut rusak karena sakit atau luka, biasanya hati akan mengecil ukurannya, dan dengan fungsi stem cell untuk regenerate, maka hati kita akan secara otomatis diperbaiki kembali ke ukuran semula. Begitu pula untuk organ lain seperti pancreas, orang yang terkena diabetes artinya mengalami kerusakan pada organ pangkreasnya, dengan stem cell maka organ pangkreas tersebut juga bisa di regenerasi. Pada kasus diabetes orang yang menderitanya akan mengalami penyempitan pembuluh darah pada bagian bawah /kaki, mengakibatkan apabila terkena luka, maka akan susah sembuh. Apabila pasien diberi stem cell, maka pembuluh darahnya akan sembuh. Daripada diamputasi, pengobatam dengan stem cell bisa menjadi solusi.

  • Rehabilitate
fungsi stem cell rehab
fungsi stem cell rehab

Fungsi stem cell sebagai rehabilitate, merupakan fungsi lanjutan dari antara ketiga fungsi stem cell di atas. Setelah sel-sel pada tubuh kita di repair, direplace, atau di regenerate, maka perlu direhabilitasi. Rehabilitasi ini adalah proses penyesuaian dari sel-sel yang rusak tersebut sehingga dapat kembali seutuhnya ke fungsi semula sebelum sel tersebut rusak. Sama halnya ketika seorang pasien rehabilitasi karna kecanduan narkoba, pasien tersebut perlu beberapa waktu untuk menyesuaikan kondisi tubuhnya hingga dapat kembali seperti semula sebelum memulai menggunakan narkoba. Perawatan jenis ini juga bisa untuk membantu pasien rehabilitasi dari penyakit yang menyebabkan disfungsi organ tubuh atau luka fisik misalnya kecelakaan atau jatuh.

  • Rejuvenation
fungsi stem cell rejuve
fungsi stem cell rejuve

Fungsi stem cell untuk rejuvenaton artinya sel yang rusak tersebut dimudakan kembali. Dibentuk sel baru yang masih fresh. Sehingga kembali sel-sel pada bagian organ tersebut menjadi muda kembali. Contoh fungsi stem cell untuk rejuvenation adalah untuk perawatan kulit wajah. Orang-orang berusia baya seperti 40 hingga 50 tahun biasanya mengalami kendur pada bagian pipi. Dengan fungsi stem cell sebagai rejuvenation, maka sel-sel kulit yang kendur tersebut akan di mudakan kembali sehingga menjadi sama seperti seblum terkena aging atau penuaan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *